Tuesday, March 22, 2011

Perbandingan iPad 2 Vs Galaxy Tab 10.1 Vs Xoom

Bagaimana perbandingan antara iPad 2 dengan beberapa rival utamanya, dalam hal ini tablet Android Motorola Xoom dan Samsung Galaxy Tab 10,1? Jika ditilik dari sisi desain, tablet ini tampak sedikit lebih langsing dibanding kompetitornya itu. Namun dari segi hardware, agaknya beberapa fitur di iPad 2 sedikit tertinggal.

Meski demikian, dengan harga basis USD 499, iPad 2 berpotensi menarik pembeli karena para rival belum dapat menjangkau harga serendah ini. Dibekali iOS terkini, aplikasi melimpah dan kepastian jadwal penjualan mulai 11 Maret, iPad 2 berpotensi besar menyalip para pesaing.
iPad 2 adalah tablet tertipis dengan ketebalan 0,34 inch, sedangkan Xoom 0,5 inch serta Galaxy Tab
0,43 inch. Tapi soal berat, jawaranya adalah Galaxy Tab yang cuma 1,32 pon. iPad 2 tidak kalah jauh,
memiliki berat 1,33 pon untuk versi Wi Fi.
 
Beralih ke soal layar, iPad 2 memiliki resolusi yang sama dengan generasi awal, sebesar 1024x768
pixel. Sedangkan Galaxy Tab 10,1 dan Xoom sama-sama memiliki resolusi 1280x800 pixel. Dari sisi ini, iPad sedikit kalah dari rival Androidnya.

iPad 2 memiliki storage built in terbesar di versi 64GB. Namun sayangnya dia tidak memiliki slot untuk storage tambahan, sama seperti Galaxy Tab. Di segi ini, hanya Xoom yang mempunyai opsi penyimpanan via MicroSD.

Dari sisi prosesor, iPad 2 dan kedua rivalnya itu sudah dibekali prosesor dual core. Soal performa ketiganya tampaknya harus melalui pengujian lebih mendalam. Sayangnya, Apple belum menyebutkan RAM yang dibawa iPad 2. Sebagai perbandingan, RAM milik Xoom dan Galaxy Tab 10,1 mencapai 1GB.

Dari sisi kamera, Apple ikut membenamkan kamera depan dan belakang. Akan tetapi dengan resolusi depan cuma VGA dan kamera belakang yang belum disebut resolusinya, sepertinya Xoom dan Galaxy Tab lebih unggul soal resolusi. Khususnya Galaxy Tab, yang kamera belakangnya berkekuatan 8 megapixel.

Dari sisi speaker, iPad 2 memiliki perangkat audio lebih besar ketimbang versi pertama. Ini bukan keunggulan karena baik Xoom dan Galaxy Tab pun sudah mengadopsi speaker stereo. Seperti apa tabel perbandingan antara iPad 2, Xoom dan Galaxy Tab 10,1?. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini :
Selain itu saya juga akan memberitahukan tentang keunggulan dan kelemahan atau kekecewaan tablet pc khususnya iPad 2 yang saat ini sedang populer.
Beberapa keunggulan atau fitur2 menarik yang ada pada iPad versi baru ini dibanding versi sebelumnya, diantaranya :
- Tahun 2011 merupakan eranya tablet dual-core. Begitu juga dengan iPad 2, yang hadir dengan segala keunggulan prosesor A5. Tak hanya itu, body iPad 2 pun didesain lebih 'seksi', dengan ketipisan 8,8 mm, lebih tipis dari iPhone 4.i
iPad 2 memiliki dimensi 241,2 x 185,7 x 8,8 mm, dengan berat hanya 607 gram. Sementara iPad generasi sebelumnya berdimensi 242,8 x 189,7 x 13,4 mm, dengan bobot 730 gram.
- Tak hanya itu, iPad 2 dibekali kamera dua sisi yang mampu merekam video hingga resolusi HD 720p. Pengguna iPad 2 kini bisa menikmati fitur chat video FaceTime di iPad.
- Dari sisi prosesor, iPad generasi baru ini telah dibenamkan prosesor dual-core A5 yang diklaim mampu berlari 9 kali lebih kencang dari A4 di iPad generasi pertama. Merupakan kabar gembira bagi gamer iPad. Pasalnya ke depannya game-game berbasis unreal engine bisa lebih dimaksimalkan lagi di tablet terbaru Apple ini.
- iPad 2 yang tersedia dalam pilihan warna putih dan hitam itu pun diklaim lebih hemat daya, dengan ketahanan baterai sekitar 10 jam saat digunakan untuk browsing menggunakan Wifi, menonton video, atau mendengarkan musik. Sementara jika menggunakan koneksi 3G, iPad 2 mampu bertahan sekitar 9 jam.
Di balik segala fitur baru yang diusungnya, tetap saja ada sejumlah hal yang dinilai mengecewakan. Berikut beberapa di antaranya :

1. Tidak ada USB Port dan SD Card Slot
Sama seperti iPad versi original, tidak ada fitur USB Port dan SD Card Slot di iPad generasi baru, meski sebelumnya terbersit rumor tentang adanya fasilitas ini. Ketiadaan dua fasilitas tersebut cukup merepotkan bagi pengguna.

2. Teknologi Layar Masih Sama
Sebelumnya ada kabar iPad 2 bakal memiliki teknologi retina display yang mengharumkan nama iPhone 4. Namun harapan itu sirna, iPad 2 memiliki layar sama saja dengan iPad versi pertama. Meski performa layar ini memang baik, namun tetap saja ada kekecewaan terkait tidak adanya teknologi baru.

3. Software Tidak Jauh Berbeda
iOS 4.3 yang dibawa iPad 2 menyertakan pembaharuan seperti fasilitas iTunes Share dan performa browser Safari lebih cepat. Namun secara fundamental, kapabilitasnya sama saja. Hal ini cukup riskan karena software para kompetitor seperti Android Honeycomb dan WebOS di HP TouchPad mulai menunjukkan kebolehannya.

4. Konektifitas Tambahan yang Mahal
Ingin menghubungkan iPad ke televisi dengan HDMI? Maka konsumen harus merogoh kocek untuk menebus Apple Digital AV Adapter seharga USD 39. Ingin mentransfer foto secara langsung ke iPad tanpa melalui iTunes? Butuh lagi uang USD 29 untuk membeli Apple iPad Camera Connection Kit. Relatif mahal dan ribet. 

Semoga Bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

T4share - Sharing dapat profit

T4share - Sharing dapat profit Peluang menarik, tanpa modal (free registration) dan sangat mudah dijalankan oleh siapapun untuk mendap...